Bersama ustadz didik 27 Feb 2016

Bersama ustadz didik 27 Feb 2016

Orang yang tau, mampu tapi tidak mau—orang yang dilaknat oleh Alloh SWT. Orang banyak yang pintar tapi berbuat maksiat.
Surat al ankabut 39 :” dan juga Qarun, Fir’aun dan Haman. Sungguh, telah datang kepada mereka Musa dengan membawa keterangan-keterangan yang nyata. Tetapi mereka berlaku sombong di bumi dan mereka orang-orang yang tidak luput dari azab Alloh SWT.
*      Qarun—homoekonomikus. Orientasinya ekonomi, dengan pengorbanan sekelil2nya dengan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
*      Fairaun—zone politicon, membunuh adalah hal biasa.
*      Haman—Binatang cerdas. Ilmuwan yang menolak kebenaran.
*      Balham—Ulama jahat, tokoh pandai yang lebih dekat dengan istana daripada masjid.
Mereka menolak kebenaran. Samiri anak buahnya haman yang tugasnya utk mengalihkan informasi, patung sapi yang bercahaya dan merusak telinga. Kebenaran itu bisa menjadi keburukan.
Ghozwl fikr oleh media. Pengetahuan kita sangat tergantungoleh media, media  menjadi penguasa era kini.
Siapa orang yang jahil, org yang sesat—orang yang mau, mampu tapi tidak mau melakukan dan tidak mau tahu, orgnya tulus-tulus,mereka rela berkorban.  orang yang demi jesus aku rela mati-djarum. Al anam 116—kalau kamu mengikuti kebanyakan manusia yang ada di bumi mereka akan menyesatkan kamu di jalan Alloh SWT.  Mereka hanya memakai prasangka.
Al Maidah 104; “dan apabila dikatakan kepada mereka ‘Marilah mengikuti apa ang diturunkan Alloh SWT dan mengikuti Rasul’, mereka menjawab ‘cukuplah bagi kami apa yang kami dapati dari nenek moyang kami’. Apakah mereka akan mengikuti juga nenek moyang mereka walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui apa-apa dan tidak mendapat petunjuk?”  hanya mengikuti naluri insting, binatang aja punya syahwat bisa memillih. Galau fanatik dan terlantar, kmpulan orang orang yang seperti itu. BPJS bikin pasien jadi sengsara_guyonan dari ustadz karena prosedurnya yang cukup rumit. Siapa yang diberi nikmat itu siapa? Yang kita tolak kan jelas toh orang yang dilaknat oleh Alloh SWT. Orang yang istiiqomah, amanah, al ahzab 72 manusia ada yang amanah dzalim dan jahil. Sesungguhny manusia leebih banyak ang dzalim dan jahil.
Ada empat manusia yang diridhoi Alloh SWT :
An nisa 68-69: “dan pasti Kami tunjukkan ke jalan yang lurus. Dan barang siapa mentaati Alloh SWT dan Rasul maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang diberikan nikmat oleh Alloh SWT yaitu para nabi, para pecinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. “
Yang menaaati rasul dan Alloh swt
Nabi, sadiqin—manusia sekualitas Abu Bakar dimana manusia saat itu terbagi tiga kelompok (1). Murtad karena Nabi semakin tidak rasional—saat peristiwa isra’ mi’raj (2). Ragu-ragu—apakah isra’ mi’raj itu benar? Tapi kalau tidak benar, itu yaang berkata Nabi e.  (3) Abu bakar ketika di ejek abu sofyan dkk beliau dijuluki orang yang membenarkan “lebih dari sekedar percaya, syuhada –jika anak mau jihad ke palestina gimana? diijinkan mboten? Padahal blm tentu mati, jika ada anak naik gunung dengan ada resikonya mati diijinkan mboten? Jika ada anak yang jadi pembalap boleh? Lebih baik mati syahid atau mati sia-sia? Sekarang lbh bnyak yang ingin anaknya mati sia-sia dari pada mati untuk Alloh SWT dan orang2 shalih. Assafat 100;” Ya Tuhanku anugerahilah aku seorang anak yang termasuk orang-orang shalih.”; An Naml 19  minimal kita menjadi bagian dari orang shalih. Kita mohon kepada Alloh SWT supaya menjadi bagian orang-orang shalih.
Kriteria orang shalih :
Ali imran 113-114 ada lima tanda orrang orang soleh
Orang yang aneh orang yang tidak pada umumnya. Di zaman jahiliyah itu ada orang yang dianggap ora umum
1.       Mereka membaca ayat2 Alloh pada malam hari. Anak harus bisa baca quran, harus terbiasa membaca quran. Orang shalih tidak sekedar membaca tapi terbiasa berinteraksi dengan ayat Alloh SWT 
Al fushilat eksakta, sosial dan risalah. Alam, sosial dan agama. Bukan orang yang tilawah tidur di lantai bawah
2.       Mereka orang2 yang sujud, menundukkan kehormatan manusia di hadapan Alloh SWT yang Maha Mulia. Minimal sujud adalah salah satu gerakan sholat kita, minimal identik dengan sregep sholat. Laki-laki sholat di masjid karena kewajiban, kalau wanita itu boleh di masjid tapi tidak diwajibkan. Kalau laki yang tidak sholat di masjid maka itu laki-laki shalihat. Carilah kader-kader yang sholat subuh. Ada yang siap solat sebelum adzan untuk adzan, ada yag pas adzan baru bangun, ada yang setelah adzan baru bangun, ada yang adzan tidak bangun, malah pindah tempat tidur. Al fath 29, diwajah merka nampak bekas sujud.
3.       Mereka beriman kepada Alloh SWT dan hari akhir. Apa itu iman?baca  Al-Baqarah 165; orang yg beriman cinta pada Alloh swt; Al Maidah 54 Alloh SWT cinta kepada mereka dan mereka juga cinta pada Alloh swt. Org yang shalih itu tidak mencontek, tidak korupsi, bicara ttg masa depan itu berbicara sebelum matii dan setelah mati. Bayaran atau ganjaran yang di cari? Dua-duanya. Al qasas 77, mencari akhirat tidak melupakan dunia, realisasi ganjaran akeh, bayaran tumpah lalala. Rumah kita harus ada dua. At tahrim 11 aisya tidak puas dg istana yang dibangun firaun tapi merindukan istana Alloh SWT di surga
4.       Punya teman saudara ang rajin amal ma’ruf dan nahi munkar, banyak resiko.  lukman 15-17. Mneyuruh anaknya utk mjd aktivis dakwah, harus sabar menghadapi resiko.
5.       Bersegera utk berbuat kebaikan. Baqarah 138, berlomba-lomba pada kebaikan fathir 32 yang cepat berbuat kebaikan, imran 110 . kamu adalah umat yang terbaik, pada posisi saya. Orang yang berlomba pada kebaikan siap jadi pelopor bukan pengekor, penggerak tapi bukan penggertak, orang yang luar biasa bukan orang yang biasa di luar.
Kalau ibu bapak mendidik anak agar menjadi anak shalih insyaallah pelajaran lain juga bisa dapet.
Dunia simbol 6
1.       Pasangan
2.       Anak
3.       Tabungan dalam bentuk emas dan perak
4.       Binatang ternak, kekayaan yang dinamis dan berkembang,
5.       Usswatun hasanah ibrahim Mumtahanah 4 dan 6, QS Muhammad  Perintah agama yang kita tidak bisa mencontohnya, berbakti pada orang tua, solat dan jihad. Nabi muhammad itu sejak kecil ntidak punya bapak dan ibu. 2 prinsip silaturahmi dan ketegasan prinsip. Demi prinsip silaturahmi putus, demi silaturahmi prinsip luntur.

6.       At Tahrim 10 Nuh dan Luth, suami rindu surga, istrinya neraka. Padahal ibu itu berpengaruh bgt ke anak. Siti asiyah . al-lahab surat 111. Ingin melahirkan anak shalih mempertemukan benih yang baik dan lahan yang baik juga QS Nur 24  dan Al-Baqarah 201; membangun keluarga yang baik samara. 

Komentar